Download Contoh Proposal Penelitian Program Kreativitas Mahasiswa

Pakar Penelitian – Download contoh penelitian program kreativitas mahasiswa, PKM (Program kreativitas mahasiswa merupakan ajang bergengsi yang diadakan oleh DIKTI yang memberikan peluang kepada mahasiswa untuk bisa membuat berbagai penelitian yang kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang. Ada lima bidang yang ditawarkan dalam program kreatifitas mahasiswa (PKM) diantaranya adalah PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Karya Cipta, PKM Teknologi, selain itu ada juga PKM GT dimana PKM GT adalah Program kreatifitas mahasiswa dalam bidang gagasan tertulis dan PKM AI atau biasa disebut sebagai PKM artikel ilmiah.
Proposal Penelitian untuk PKM sendiri biasanya dibuka pada bulan oktober hingga november sehingga memberikan waktu yang cukup bagi mahasiswa untuk mengirim dan merangkum penulisan proposalnya sehingga dapat diterima oleh DIKTI dan didanai.
 

Contoh Penulisan PKM P (Penelitian)

ABSTRAK
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yaituanak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, anak tuna netra, anak tuna rungu wicara, anak tuna grahita, anak tuna daksa, anak tuna laras, anak autis dan anak cacat ganda. Sesuai dengan judul penelitian ini yakni pembelajaran matematika pada anak autis. Pertumbuhan anak autis di Indonesia dewasa ini sangat cepat, sehingga pelayanan pendidikan yang diharapkan oleh orang tua belum bisa terpenuhi dengan baik. Dengan adanya sekolah luar biasa (SLB) membantu orang tua untuk pendidikan anaknya yang mempunyai berkebutuhan khusus. Hasil pengamatan di lapangan dan wawancara diperoleh bahwa anak-anak autis mampu memahami dengan baik tentang keruangan atau kemampuan spatial dan juga kemampuan sekuensial. Pengetahuan matematika muncul ketika anak autis mengerjakan sesuatu dengan aktivitas fisik, seperti menyusun blok puzle dan mengurutkan benda sesuai ukuran. Anak-anak autis juga dapat memperoleh pengetahuan matematika walaupun sangat terbatas

Contoh Penulisan PKM K (Kewirausahaan)

Majalah Online INFO KOST adalah sebuah majalah online yang berisi direktori mengenai informasi kost , penginapan dan property yang disewakan disekitar lokasi kampus se – Jakarta. Majalah Online InfKostMahasiswa diharapkan dapat memudahkan para mahasiswa yang memerlukan kost di Jakarta sehingga mahasiswa tidak perlu bersusah payah mencari kost dengan mengelilingi Jakarta. Selain itu majalah online INFO KOST juga dapat menjadi referensi utama bagi mahasiswa yang masih asing tentang lokasi dan destinasi di Jakarta. Dengan tujuan utama majalah INFO KOST adalah sebagai sumber referensi utama mencari kost dan hunian yang murah dan terjangkau di kantong mahasiswa.
penelitian program kreativitas mahasiswa


Contoh Penulisan PKM KC (Karya Cipta)

Sepeda motor merupakan moda kendaraan yang banyak digunakan. Sistem bahan bakar yang digunakan kebanyakan masih menggunakan karburator yang memilik banyak kekurangan. Pemecah molekul dan ion generator digunakan untuk menyempurnakannya. Pemecah partikel mengkondisikan campuran bahan bakar dan udara lebih homogen. Ion generator membantu memperkuat ikatan ion yang terbentuk. Sistem magnet ditambahkan agar kinerja dari dua alat tadi semakin maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain alat yang mampu membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan emisi gas buang menjadi lebih ramah lingkungan.

Contoh Penulisan PKM M (Pengabdian Masyarakat)

Pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting dan mendasar bagi manusia, sebab pendidikan adalah hal yang sangat mempengarui kehidupan manusia itu sendiri mulai dari segi akhlak, moral, pengetahuan hingga penghidupanya dimasa depan. Oleh karena itu pendidikan seharusnya menjadi salah satu prioritas utama dalam pembangunan, karena tingkat pendidikan masyarakat sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Namun masih ada sebagian dari rakyat Indonesia yang tidak tidak sempat menikmati pendidikan akibat dari kemiskinan sebagian besar dari mereka putus sekolah karena harus berkerja mencarai nafkah dengan bekerja menjadi pengamen, pemulung dan lain sebagainya. Oleh karena itu dengan adanya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Pengabdian kepada masyarakat, mencoba berinisiatif untuk membuat sebuah wadah pembelajaran bagi mereka yang kurang beruntung karena putus sekolah atau belum sempat menikmati bangku pendidiakan. Di rumah belajar yang kami buat ini setiap siswa didik akan dikelompokan menjadi 3 yakni siswa SD, SMP, dan SMA. Untuk waktu pengajaran tersebut menggunakan sistem semester dimana satu semester adalah 3 bulan. Mereka yang tetap bertahan hingga 4 semester akan diusulkan untuk mengikuti ujian paket A, B atau C sesuai tahapan. Program ini akan terus berlanjut walaupun batas waktu yang ditentukan hanya 5 bulan, karena tugas seorang terdidik adalah mendidik jadi semua untuk memperbaiki dunia pendidikan. Dengan tingkat pendidikan yang baik diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga pembangunan dapat berjalan baik pula.

Contoh Penulisan PKM GT (Gagasan Tertulis)

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, sementara itu, jika kebutuhan tidur tidak terpenuhi maka akan membawa dampak pada kesehatan. Dampak tersebut disebut sebagai insomnia. Insomnia adalah suatu kondisi dimana seseorang mempunyai masalah tidur. Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Insomnia dapat disebabkan menurunnya hormon serotonin di dalam tubuh sehingga dapat mengalami depresi dan menyebabkan kesulitan untuk tidur. Sulit tidur sering terjadi baik pada usia muda maupun usia lanjut. Sebagian besar orang mengatasi masalah tidur (insomnia) adalah dengan obat tidur. Cara ini dianggap paling efektif untuk mengatasi insomnia. Namun, sebuah survei dari 1,1 juta penduduk di Amerika yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan bahwa mereka yang dilaporkan tidur sekitar 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih tinggi tingkat kematiannya. Tidur selama 8,5 jam atau lebih setiap malam dapat meningkatkan angka kematian sebesar 15%. Penggunaan pil tidur juga berkaitan dengan peningkatan efek samping yang merugikan kesehatan tubuh dan angka kematian. Jangkrik merupakan serangga keluarga Gryllidae dan kerabat dekat belalang. Jangkrik biasa muncul pada malam hari dan yang paling khas jangkrik mengeluarkan suara merdunya pada malam hari. Hal ini dapat dihubungkan dengan gejala insomnia yang terjadi pada malam hari dan salah satu terapi nonfarmakologik dapat menggunakan musik sebagai alternatif terapinya. Menimbang potensi jangkrik yang dapat mengeluarkan suara seperti musik pada malam hari, jangkrik dapat menjadi alternatif baru terapi insomnia nonfarmakologik yang tidak ada efek sampingnya dan cukup mudah didapat, serta memiliki keistimewaan pada suaranya. Salah satu terapi insomnia nonfarmakologik yang bebas efek samping adalah dengan music jangkrik. Jenis musik yang dihasilkan oleh jangkrik adalah musik yang tenang. Jika kita mendengarkan musik tenang otak akan melepaskan hormon serotonin yang merupakan anti depresan alami didalam tubuh. Oleh karena itu, setelah mendengarkan musik tenang merasa enak, lega, dan rileks. Musik dengan tempo lambat dan tenang dapat menimbulkan situasi yang tenang dan nyaman sehingga menurunkan aktivitas sel endokrin dan sistem saraf simpatis dengan menurunkan level noradrenalin. Hal ini menyebabkan penurunan rasa cemas, denyut jantung, penurunan ritme pernafasan, serta penurunan tekanan darah sehingga memperbaiki kualitas tidur. Oleh karena itu, musik jangkrik memiliki potensi sebagai natural sleep inducer dan alternatif terapi insomnia.


Contoh Penulisan PKM AI (Artikel Ilmiah)

Pemanfaatan biji durian yang dijadikan tepung sebagai bahan baku dalam pembuatan biskuit ini diharapkan mampu memanfaatkan limbah sebagai produk baru yang bernilai ekonomis dan menambah variasi makanan. Biji durian yang didapatkan dari produk sisa produksi es krim durian. Biji durian dikeringkan hingga kulitnya sedikit terkelupas selanjutnya dikupas dan diambil bijinya, diiris menjadi bagian–bagian kecil kemudian dicuci. Selanjutnya dikeringkan di oven pada suhu 900 C selama 6 jam. Bila dianggap sudah kering kemudian digiling untuk dijadikan tepung dan disaring pada penyaringan dengan ukuran 100 mesh. Untuk proses selanjutnya diproduksi sebagai biskuit. Pada proses analisis terhadap biskuit diberlakukan beberapa metode analisis yaitu seperti analisis fisik (bau, rasa, warna), gravimetri (air, abu, lemak, serat kasar), titrimetri (protein, karbohidrat), spektrofotometri serapan atom, dan mikrobiologi. Seluruh parameter memenuhi syarat kecuali kadar Karbohidrat, Serat Kasar, dan Kadar Abu. Namun demikian, biskuit ini masih layak dikonsumsi.
Demikian artikel tentang Contoh penulisan Proposal PKM semoga bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa yang ingin menulis PKM.
Download Contoh Proposal Penelitian Program Kreativitas Mahasiswa | mrqadar | 4.5