Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Pakar PendidikanTujuan Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Selamat malam pakarnis sekalian kali ini saya akan menjelaskan bagaimana pentingnya pendidikan pancasila, seperti diketahui bahwa pancasilan merupakan 4 pilar kebangsaan yang dimiliki oleh indonesia sehingga pancasila menjadi bagian terpenting yang wajib diketahui oleh generasi penerus bangsa. Pembelajaran pancasila sudah dimulai dari kita mengenyam pendidikan ditingkat Sekolah dasar hingga masuk ke perguruan tinggi, Sehingga perlu diketahui tujuan penyelenggaraan pendidikan pancasila di perguruan tinggi.
 
Baca Juga : Sejarah Retorika

Pendapat Pakar Tentang Pancasila

Pancasila sendiri merupakan landasan negara kita, sebagai landasan negara kita tentunya pancasila menjadi alat pemersatu bangsa sehingga pancasila dijadikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Menurut  beberapa pakar pancasila Sebagai berikut :
  1. Notonegoro Pancasila adalah dasar falsafah negara Indonesia, sehingga dapat diartikan kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar fasafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta bagian pertahanan bangsa dan negara.
  2. Muhammad Yamin Pancasila berasal dan kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi, asas, dasar, atau peratu ran tingkah laku yang penting dan baik. Dengan démikian, Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.
  3. Ir. Soekarno Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia secara turun-temurun yang sekian abad Iamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi Iebih tuas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.
Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi
Pancasila

 

Penjabaran secara spesifik sehubungan dengan Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi adalah untuk:
  1. Memperkuat Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan ideologi bangsa melalui revitalisasi nilai-nilai dasar Pancasila sebagai norma dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Memberikan pemahaman dan penghayatan atas jiwa dan nilai-nilai dasar Pancasila kepada mahasiswa sebagai warga negara Republik Indonesia, serta membimbing untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  3. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu menganalisis dan mencari solusi terhadap berbagai persoalan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui sistem pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.
  4. Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila, untuk mampu berinteraksi dengan dinamika internal dan eksternal masyarakat bangsa Indonesia.
Demikian artikel ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian dan bisa memahami arti penting dari keberadaan pancasilan sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Tujuan Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi | mrqadar | 4.5