Tips Mengatasi Rantai Motor Yang Bunyi Dengan Mudah

Pakar MotorTips Mengatasi Rantai Motor Yang Bunyi Dengan Mudah, Pada dasarnya Rantai motor memiliki fungsi untuk meneruskan daya putaran mesin untuk menggerakan roda belakang motor anda. Rantai ini berperan sangat penting agar motor dapat berjalan sehingga bila mengalami gangguan pada rantai motor anda tentunya akan membuat anda sebagai pengendara menjadi tidak nyaman. Dari permasalahan tersebut ada tiga kemudian menjadi penyebab rantai motor berbunyi.
3 penyebab rantai motor anda berbunyi :
  1. Rantai motor kendor pada dasarnya rantai motor yang kendor bisa menjadi hal yang dasar penyebab rantai motor berbunyi ini dikarenakan kurang pasnya posisi rantai dengan gear rantai motor anda. Solusi yang dapat anda lakukan cukup membuat rantai anda terpasang pas sesuai dengan gear motor anda.
  2. Rantai Motor kering ini sering menjadi permasalahan kedua, rantai motor yang kering membuat rantai menjadi keras solusi anda cukup melumasinya dengan oli atau menggunkan minyak goreng yang dicampur dengan sedikit bensin.
  3. Rantai Motor Aus permsalahan yang terakhir sekiranya hal ini hanya bisa dilakukan dengan membawa ke bengkel dan mengganti rantai motor anda beserta gearnya.

 

Tips Mengatasi Rantai Motor Yang Bunyi Dengan Mudah

Selain itu saya akan memberikan kepada anda 3 tips merawat rantai motor anda :

 
Tips Pertama
Pertama anda harus melakukan pemerikasaan rantai secara berkala. ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas atau kondisi terbaru dari rantai motor anda. lakukan penyetelan seperti yang saya katakan sebelumnya agar rantai tidak cepat aus, jangan lupa juga mengecek kelurusan dari velg ban motor anda. perlu diingat ban motor anda harus selalu dalam keadaan lurus.
Tips kedua
Usahakan anda membersihkan kotoran dan debu dari motor anda, disini anda dapat membersihkan dengan menggunkaan sikat gigi bekas untuk membersihkan, lakukan ini secara berkala dan usahakan dibersihkan secara keseluruhan dari bagian rantai motor anda.
Tips ketiga
Anda dapat membersihkan dengan menggunkan campuran bensin dan minyak goreng usahakan tidak menggunakan oli bekas atau minyak tanah atau bahkan bensin karena hal ini bisa membuat rantai anda lebih cepat tertempel kembali debu dan kotoran.
Tips keempat
Usahakan anda menggunkan penutup rantai jangan dilepas hal ini sebagai pelindung awal dari rantai motor anda, selain itu usahakan penutup rantai dalam posisi yang pas.
Tips kelima 
Usahakan menghindari melakukan pemotongan rantai motor anda, hal ini dikarenakan rantai motor telah dirancang sesuai dengan ukuran dari motor anda sehingga jika anda melakukan pemotongan bisa merubah ukuran dari motor awal anda.
Tips keenam
Memasuki musim penghujan usahakan lebih mengecek secara berkala rantai motor anda dan membersihkan lebih sering lagi agar menjaga kondisi rantai motor anda selalu terawar dengan baik.
Demikian artikel tentang Tips mengatasi rantai motor yang bunyi dengan mudah semoga bermanfaat.
Tips Mengatasi Rantai Motor Yang Bunyi Dengan Mudah | mrqadar | 4.5