Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkup Sejarah Menurut Pendapat Ahli

Pakar SejarahPengertian Sejarah Menurut ahli adalah sebuah kejadian yang terjadi pada masa lalu yang dirunut berdasarkan pada peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa, peninggalan itu disebut sebagai sumber sejarah. Secara etimologi kata sejarah disebut history yang artinya masa lampau;masa lampau umat manusia, dalam bahasa arab sejarah diartikan sebagai sajaratun (syajaroh) yang artinya pohon dan keturunan, dimana filosofinya adalah sebuah pohon dari yang sederhana atau kecil menjadi sangat kompleks atau besar.
Pengertian sejarah berdasarkan pada bahasa sejarah adalah (bahasa Yunani: ἱστορία, historia, yang berarti “penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian”) adalah studi tentang masa lalu, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Dalam bahasa Indonesia sejarah babad, hikayat, riwayat, atau tambo dapat diartikan sebagai kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau atau asal usul (keturunan) silsilah, terutama bagi raja-raja yang memerintah. Ini adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini. Istilah ini mencakup kosmik, geologi, dan sejarah makhluk hidup, tetapi seringkali secara umum diartikan sebagai sejarah manusia. Para sarjana yang menulis tentang sejarah disebut ahli sejarah atau sejarawan. Peristiwa yang terjadi sebelum catatan tertulis disebut Prasejarah.(wikipedia)

Pengertian Sejarah Menurut Pendapat Pakar :

J.V. Bryce
Sejarah adalah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.
Patrick Gardiner
Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.
Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkup Sejarah Menurut Pendapat Pakar
Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.
Moh. Yamin
Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.
Ibnu Khaldun (1332–1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.
R. Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
  1. Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  2. Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
  3. Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
Kuntowijoyo
Kuntowijoyo, sejarah adalah kontruksi masa lalu tentang apa saja yang sudah dipirkan, dikatakan, dikerjakan, dan dialami seseorang. Sejarah adalah ilmu yang menuliskan pikiran pelaku, ilmu tentang sesuatu yang memiliki makna soisal, ilmu tentang manusia, dan ilmu tentang waktu yang meliputi perkembangan, kesinambungan pengulangan, serta perubahan

 

Cakupan Dari Sejarah Sendiri Sebagai Berikut :

  1. Masa lalu yang diceritakan berdasarkan pada urutan waktu atau kronologisnya
  2. Adanya hubungan sebab akibat
  3. Kebenaran bersifat subjektif sebab masih perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai kebenaran yang hakiki atau sebenarnya.
  4. Peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang.

Ruang Lingkup Sejarah

 

Sejarah sendiri memiliki pengertian tentang sejarah itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu :
Sejarah sebagai peristiwa
berarti suatu kejadian di masa lampau, atau sesuatu yang sudah terjadi, dan hanya sekali terjadi (einmalig), tidak bisa diulang. Peristiwa yang bersifat absolute dan objektif.
Sejarah sebagai Kisah
Sejarah sebagai hasil rekontruksi dari suatu peristiwa oleh para sejarawan. untuk mewujudkan sejarah sebagai kisah maka disusunlah fakta-fakta yang diperoleh atau dirumuskan dari sumber sejarah untuk dilakukan proses rekontruksi dengan metode dan metodologi sejarah.
 
Sejarah sebagai Ilmu.
Sejarah sebagai ilmu sudah bersifat empiris, memiliki objek, tujuan dan memiliki metode
Untuk sejarah Sebagai Ilmu Memiliki Penjelasan Sebagai berikut :
  1. Empiris adalah ilmu sejarah melakukan kajian atau peristiwa yang sungguh-sungguh terjadi pada masa lampau.
  2. Objek dari penulisan sejarah adalah perubahan atau perkembangan aktivitas manusia. Karena objeknya terkait manusia, maka ilmu sejarah dimasukkan dalam ranah ilmu-ilmu humaniora.
  3. Teori sejarah memiliki teori atau yang disebut sebagai filsafat sejarah kritis.
  4. Generalisasi, dalam setiap stusi dari suatu ilmu kemudian ditarik suatu kesimpulan. Kesimpulan tersebut biasanya kesimpulan umum atau general. Kesimpulan dari ilmu sejarah adalah kesimpulan yang lebih mendekati pola-pola atau kecenderungan dari suatu peritiwa. Kesimpulan sejarah tidak bisa diakui sebagai kebenaran dimana-mana. Tetapi kesimpulan sejarah sebagai koreksi atas kesimpulan ilmu lainnya haruslah dimiliki untuk berlaku hati-hati adalam penelitian dan menarik suatu kesimpulan.
Demikian Artikel tentang pengertian sejarah ini semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian dan menjadi penambah wawasan buat teman-teman sekalian, Terima Kasih.
Pengertian Sejarah dan Ruang Lingkup Sejarah Menurut Pendapat Ahli | mrqadar | 4.5