Pengertian Nasionalisme Yang Wajib Anda Ketahui

Pakar Kebangsaan Pengertian Nasionaslisme dapat diartikan sebagai bentuk cinta pada tanah air, bahasa dan sejarah budaya bersama. Dapat juga diartikan sebagai sebuah bentuk kebaktian mistis terhadap organisme sosial yang kabur, kadang-kadang atau bahkan adikodrati yang disebut sebagai bangsa atau Volk yang kesatuannya lebih unggul daripada bagian-bagiannya.
Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, dan nasionalisme juga rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.
Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan beberapa “kebenaran politik” (political legitimacy). Bersumber dari teori romantisme yaitu “identitas budaya”, debat liberalisme yang menanggap kebenaran politik adalah bersumber dari kehendak rakyat, atau gabungan kedua teori itu.
Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup dan menggantungkan diri. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah dan bermutu rendah. Ikatan ini pun tampak pula dalam dunia hewan saat ada ancaman pihak asing yang hendak menyerang atau menaklukkan suatu negeri. Namun, bila suasananya aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu, sirnalah kekuatan ini.
Dalam zaman modern ini, nasionalisme merujuk kepada amalan politik dan ketentaraan yang berlandaskan nasionalisme secara etnik serta keagamaan, seperti yang dinyatakan di bawah. Para ilmuwan politik biasanya menumpukan penyelidikan mereka kepada nasionalisme yang ekstrem seperti naziisme, pengasingan dan sebagainya.(wikipedia)
Pengertian Nasionalisme Yang Wajib Anda Ketahui

 

Pengertian Nasionalisme Menurut Para Ahli 
  1. Otta Bauar : Menurut Otto Bauar nasionalisme adalah suatu persatuaan yang terjadi karena persamaan nasib
  2. Ernest Renan : Renan menjelaskan nasionalisme merupakan suatu keinginan untuk bernegara dan bersatu
  3. Stoddard : Pengertian nasionalisme menurut L.Stoddard adalah kepercayaan dari sebagian individu yang menyatakan rasa kebangsaanya dalam sebuah bangsa.
  4. Hans Kohn : Nasionalisme menurut Hans Kohn adalah suatu bentuk yang timbul karena kesadaran nasional berbangsa dan juga bernegara. Lalu kesadaran itulah yang membuat sebuah negara.
  5. Louis Snyder : Menurut Louis, nasionalisme merupakan hasil dari gabungan beberapa faktor seperti intelektual, ekonomi, politik, dan juga sosial.
  6. Hertz : Dr.Hertz mengemukakan terdapat empat unsur dalam nasionalisme yaitu adanya hasrat dalam mencapai kesatuan, lalu keinginan untuk mendapatkan kemerdekaan, keinginan dalam mencapai keaslian, dan juga hasrat dalam mencapai kehormatan sebuah bangsa.
  7. enam unsur tersebut dapat disimpulkan bahwa nasionalisme merupakan keadaan dimana adanya kelompok manusia yang memiliki cita-cita untuk mengikat warga negara menjadi satu kesatuan, lalu juga dapat dikatakan bahwa sekolompok manusia tersebut mempunyai adat, budaya maupun kebiasaan yang sama, lalu juga mereka bertempat dalam suatu wilayah tertentu yang bisa dikatakan sebagai kesatuan wilayah dan memiliki suatu pemerintahan yang berdaulat yang membuat mereka terikat menjadi suatu masyarakat hukum.
  8. Ernest Gellenervia: Nasionalisme adalah suatu prinsip politik yang beranggapan bahwa unit nasional dan politik seharusnya seimbang.
  9. Anderson: Nasionalisme adalah kekuatan dan kontinuitas dari sentimen dan identitas nasional dengan mementingkan nation.
 
Prinsip Dasar :
Prinsip –  menurut Hertz dalam bukunya Nationality in History and Policy, antara lain :
  1. Hasrat untuk mencapai kesatuan
  2. Hasrat untuk mencapai kemerdekaan
  3. Hasrat untuk mencapai keaslian
  4. Hasrat untuk mencapai kehormatan bangsa.
Demikian Uraian Pengertian Nasionalisme Semoga bisa bermanfaat
Pengertian Nasionalisme Yang Wajib Anda Ketahui | mrqadar | 4.5