Pengertian Keadilan Menurut Ahli Beserta Macam-Macam Keadilan

Pakar Pengetahuan – Pengertian Keadilan Menurut Ahli, Menurut aristoteles adalah tindakan yang memberikan sesuatu kepada orang yang memang menjadi haknya. pada dasarnya keadilan adalah hal yang sangat sulit untuk didefenisikan menurut beberapa ahli bahwa keadilan menjadi hal yang sangat fundamental keberadaanya karena dengan keadilan yang baik maka akan memunculkan kebaikan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Beberapa kasus ketidakadilan tentunya sering muncul dan menjadi permsalahan ditengah-tengah kita, namun hal itu menjadi lumrah terlihat jika tidak diawasi dan dimengerti bagaimana macam-macam dari keadilan itu sendiri.

Pengertian Keadilan Menurut Para ahli

  1. Aristoteles mengemukakan keadilan tindakan yang memberikan sesuatu kepada orang yang memang menjadi haknya.
  2. Frans Magnis Suseno keadilan adalah  keadaan dimana sesama manusia saling menghargai hak dan kewajiban masing-masing yang membuat keadaan menjadi harmonis.
  3. Thomas Hubbes keadilan adalah sebuah keadaan dimana ada suatu perjanjian yang kemudian isi perjanjian tersebut dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa berat sebelah.
  4. Plato yaitu dimana keadilan adalah mematuhi semua hukum dan perundangan yang berlaku.

 

Macam-macam atau jenis-jenis keadilan menurut Teori Aristoteles adalah sebagai berikut :

Pengertian Keadilan Menurut Ahli Beserta Macam-Macam Keadilan

 

  1. Keadilan Komunikatif : Pengertian keadilan komunikatif adalah perlakuan kepada seseorang tampa dengan melihat jasa-jasanya. Contohnya keadilan komunikatif adalah seseorang yang diberikan sanksi akibat pelanggaran yang dibuatnya tampa melihat jasa dan kedudukannya.
  2. Keadilan Distributif : Pengertian keadilan distributif adalah perlakuan kepada seseorang sesuai dengan jasa-jasa yang telah dilakukan. Contoh keadilan distributif adalah seorang pekerja bangunan yang diberi gaji sesuai atas hasil yang telah dikerjakan.
  3. Keadilan Kodrat Alam : Pengertian keadilan kodrat alam adalah perlakukan kepada seseorang yang sesuai dengan hukum alam. Contoh keadilan kodrat alam adalah seseorang akan membalas dengan baik apabila seseorang tersebut melakukan hal yang baik pula kepadanya.
  4. Keadilan Konvensional : Pengertian keadilan konvensional adalah keadilan yang terjadi dimana seseorang telah mematuhi peraturan perundang-undangan. Contoh keadilan konvensional adalah seluruh warga negara wajib mematuhi segala peraturan yang berlaku di negara tersebut.
  5. Keadilan Perbaikan : Pengertian keadilan perbaikan adalah keadilan yang terjadi dimana seseorang telah mencemarkan nama baik orang lain. Contoh keadilan perbaikan adalah seseorang meminta maaf kepada media karna telah mencemarkan nama baik orang lain.
Demikian uraian diatas tentang pengertian keadilan menurut ahli semoga bisa menjadi tambahan referensi.
Pengertian Keadilan Menurut Ahli Beserta Macam-Macam Keadilan | mrqadar | 4.5