Contoh Makalah Tema Pendidikan Terbaru

Pakar Pendidikan – Contoh Makalah Tema Pendidikan Terbaru – Selamat malam pakarnis sekalian kali ini admin akan memberikan beberapa contoh makalah yang sering dijadikan sebagai landasan dalam memulai sebuah diskusi. Pada dasarnya makalah sendiri adalah kumpulan berbagai literatur yang dijadikan satu dalam sebuah tema makalah tersebut, biasanya makalah juga dikatakan sebagai penelitian pustaka, dimana makalah merupakan himpunan dari berbagai landasan teori yang dijadikan satu, untuk makalah sendiri tidak perlu turun kelapangan mencari data namun lebih cenderung mencari referensi melalui kajian pustaka atau sumber data berasal dari berbagai buku dan jurnal penelitian yang ilmiah.

Berikut Contoh Beberapa Makalah Dengan Tema Pendidikan :

Makalah Tentang Etika Profesi Keguruan

Peranan profesi guru dalam keseluruhan program pendidikan di sekolah diwujudkan oleh mencapai tujuan pendidikan yang berupa perkembangan siswa secara optimal. Dalam kehidupan sehari-hari terkadang seorang pendidik tidak melakukan kewajibannya sebagai mana mestinya, seharusnya seorang guru tugasnya sesuai UU Negara kita yang ada tujuh perannya  yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi anak didik. Namun dalam kenyataannya terkadang beberapa pendidik hanya melakukan dua tugasnya yaitu mengajar dan mengevaluasi, hal ini cenderung terjadi dan sangat meresahkan bagi seluruh lapisan anak didik baik di tingkat SD, SMP,SMA, maupun tingkat yang lebih tinggi yaitu perkuliahan.
            Oleh karena itu pada BAB selanjutnya akan kami bahas mengenai apa itu etika profesi keguruan agar semua pendidik di tingkat apapun itu ketika ia mengajar ia mampu mendidik murudnya sesuai perannya sebagai seorang pendidik dan mampu menyadari siapa dirinya dan apa profesinya serta peranannya terhadap anak didiknya, dan untuk lebih lanjutnya akan dibahas pada bab selanjutnya.
Contoh Makalah Tema Pendidikan Terbaru
Untuk Lengkapnya silangkan download disini
(Klik Disini Untuk Download)

Makalah Tentang Analisis Transaksional

Pada dasarnya Bimbingan dan Konseling adalah proses pemberian bantuan kepada siswa, bimbingan dan konseling merupakan salah satu komponen dalam keseluruhan sistem pendidikan khususnya di sekolah. Guru sebagai salah satu pendukung unsur pelaksana pendidikan yang mempunyai tanggung jawab sbagai pendukung pelaksana layanan bimbingan pendidikan di sekolah, dituntut untuk memiliki wawasan yang memadai terhadap konsep-konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah.
Sebagai individu, siswa memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan. Kenyataan yang dihadapi, tidak semua siswa menyadari potensi yang dimiliki untuk kemudian memahami dan mengembangkannya. Disisi lain sebagai individu yang berinteraksi dengan lingkungan, siswa juga tidak dapat lepas dari masalah. Menyadari hal di atas siswa perlu bantuan dan bimbingan orang lain agar dapat bertindak dengan tepat sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download disini
(Klik Disini Untuk Download)

Makalah Tentang Macam-macam Layanan Bimbingan Konseling

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan,kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Untuk mencapai tujuan pendidikan itu, murid harus berkembang secara optimal dengan kemampuan untuk berkreasi, mandiri, bertanggung jawab,  dan dapat memecahkan masalah-masalah yang dihadapi. Pendidikan harus membantu bukan hanya mengembangkan kemampuan intelektualnya, tetapi juga kemampuan mengatasi masalah yang ditemuinya dalam interaksinya dengan lingkungan.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download Disini
(Klik Disini Untuk Download)
Makalah Tentang Perbedaan Kurikulum 2013 dengan KTSP
Sekolah merupakan salah satu sistem pendidikan yang merfungsi untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dari pendidikan yang diterima anak bangsa di bangku sekolah, akan mampu mengubah pola pikir dan daya kreativitas untuk menciptakan negara dengan taraf kesejahteraan yang baik dan perekonomian yang meningkat. Sekolah ada merupakan bagian dari rancangan yang dibuat oleh pemeritah di bidang pendidikan dengan landasan operasionalnya adalah kurikulum. Dari kurikulum inilah tujuan dari pendidikan bangsa diharapkan dapat tersusun dengan sistematis untuk mencapai tujuan bangsa dan negara Indonesia.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang tujuan, isi dan bahan pelajaran yang dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik serta kebutuhan lapangan kerja. Subandiyah (2001:4-6) mengemukakan komponen kurikulum yaitu, komponen tujuan, komponen isi/materi, komponen media (sarana dan prasarana), komponen strategi, dan komponen proses belajar mengajar.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download Disini

Makalah Tentang Pendidikan Kewarganegaraan

Perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia yang dimulai sejak era sebelum dan selama penjajahan, kemudian dilanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisian kemerdekaan menimbulkan kondisi dan tuntutan yang berbeda sesuai dengan jamannya.
            Kondisi dan tuntutan yang berbeda tersebut ditanggapi oleh Bangsa Indonesia berdasarkan kesamaan nilai–nilai  perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh dan berkembang. Kesamaan nilai–nilai ini dilandasi oleh jiwa, tekad, dan semangat kebangsaan. Kesemuanya itu tumbuh menjadi kekuatan yang mampu mendorong proses terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam wadah Nusantara.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download Disini

Makalah Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran

Menurut Alma dkk (2009:141) kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran. Ini mencakup konsep kesiapan mengajar yang ditunjukkan oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mengajar. Kompetensi Pedagogik sering tidak dipahami dan dimengerti oleh beberapa guru, tidak sedikit guru yang hanya mengajar saja tanpa mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang baik. Penting bagi seorang guru memiliki kompetensi pedagogik karena dengan mengetahui cara mendidik anak yang baik, guru dapat mengembangkan kemampuannya anak didiknya dengan maksimal.
Peran seorang guru tidak hanya terbatas di dalam ruang kelas selama proses belajar mengajar saja, tetapi guru juga harus dapat memantau perkembangan anak didiknya diluar kelas, bagaimana pergaulannya dengan teman dan warga sekolah lainnya, kepeduliannya terhadap lingkungan sekitarnya, dan lain sebagainya. Tugas seorang guru tidak hanya sekedar transfer ilmu melainkan juga ikut andil dalam perkembangan karakter anak didiknya.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download Disini

Makalah Tentang Humaniora

Ilmu Pengetahuan Sosial pada hakekatnya merupakan mata pelajaran yang bersumber dari kehidupan social masyarakat dan diseleksi dengan menggunakan konsep-konsep ilmu social. Sebagaimana dikemukakan oleh Hamalik (1992:35) bahwa “IPS merupakan mata pelajaran yang memadukan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu social, disusun melalui pendekatan konsep-konsep dasar dari berbagai ilmu social, disusun melalui pendekatan pendidikan, psikologis, dan kelayakan, serta kebermaknaan bagi peserta didik dalam kehidupannya”.
Pernyataan tersebut menegaskan, bahwa IPS merupakan kajian terpadu antara disiplin Ilmu-ilmu social, diarahkan untuk mencapai kemampuan warga negara yang baik. IPS sebagai mata pelajaran yang mengkaji berbagai perilaku dan interaksi manusia dalam kehidupan social dalam aspek keruangan. (Novarlia, 2013:31). Pernyataan tersebut mengandung makna, bahwa melalui kurikulum pembelajaran IPS diharapkan dapat membantu peserta didik membangun landasan untuk memahami kenyataan masyarakat.
Untuk Lengkapnya Silahkan Download Disini
Demikian artikel Contoh Makalah Tema Pendidikan Terbaru semoga bisa menjadi tambahan wawasan buat pakarnis sekalian dan bisa bermanfaat dalam menyelesaikan tugas-tugas dikampus dan sekolah, Terima kasih jangan lupa dishare.
Contoh Makalah Tema Pendidikan Terbaru | mrqadar | 4.5