Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Terbaru

Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Terbaru – Karya ilmiah adalah sebuah hasil tulisan yang dibuat secara terstruktur dimana hasil dari karya tulis ilmiah bisa dikatakan ilmiah ketika karya tersebut telah menjawab pertanyaan penelitian baik secara empirik atau data dilapangan dan secara teoritik atau pengembangan materi berdasarkan pada kajian pustaka yang ada. Menurut (Maizuddin,2010) karya tulis ilmiah adalah karya tulis yang disusun berdasarkan kriteria ilmiah. Pandangan akan karya tulis ilmiah pada dasarnya sudah sangat banyak teman-teman bisa mencari referensi dari berbagai macama literatur seperti buku prof sugiyono, prof suharsimi arikunto dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Terbaru :

  1. Pertama tentukan dulu apa masalah yang ada disekitar kita yang ingin kita teliti. biasanya pada bagian ini kita disuruh mencari sebuah permasalahan yang ada disekitar kita atau bisa saja yang langsung berhubungan dengan pekerjaan kita sehari-hari.
  2. Kedua tentukan cakupan materi dari karya ilmiah yang akan kita buat, maksudnya adalah carilah referensi yang berkaitan dengan masalah kita agar dapat kita kembangkan teori dari permasalahan yang kita dapat, disini juga kita bisa mencari referensi ilmiah yang berkaitan dengan penelitian kita atau biasa disebut penelitian ilmiah yang relevan dengan penelitian kita.
  3. Ketiga lakukan pengumpulan data baik melalui perpusatkaan (buku) atau bisa juga mengambil melalui data dilapangan hasil wawancaara atau referensi yang berasal dari internet.
  4. Terakhir lakukan proses penulisan karya ilmiah berdasar data yang sudah dikumpulkan.
Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Terbaru | Pakar Penelitian

 

Namun dalam penulisan karya ilmiah seperti tesis dan skripsi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan lebih mendetail, contoh sebagai berikut :

Bagian pertama

  1. Tentukan masalah yang akan diteliti dan buatlah judul yang relevan dengan masalah tersebut.
  2. Rumuskan tujuan dari masalah tersebut
  3. Tentukan tujuan dan manfaat dari masalah tersebut

 

Bagian kedua

  1. Buatlah pengembangan teori berdasarkan pada masalah yang kita angkat, (pada pembuatan teori ini usahakan mengumpulkan teori berdasarkan sumber referensi yang berkaintan dengan masalah tersebut) dan carilah referensi berupa penelitian sebelumnya yang pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti lain.
  2. Buatlah kerangka pikir dari pengembangan teori tersebut sehingga bisa menjawab masalah tersebut secara teori
  3. Dari hasil kerangka pikir tersebut Buatlah hipotesis yang merupakan jawaban sementara atas pengembangan teori yang dimaksudkan.

 

Pada bagian ketiga

  1. Tentukan jenis penelitian tempat dan waktu dari penelitian ini.
  2. Defenisikan variabel yang kita angkat sebagai varibel yang akan diteliti
  3. Tentukan teknik pengumpulan data yang akan kita gunakan serta analisis data apa yang akan kita pakai.

 

Bagian keempat

Pada bagian ini kita akan membahas dua hal pokok yaitu :

  1. Pertama kita akan membahas mengenai hasil penelitian yang telah kita lakukan dilapangan. hasil penelitian disini merupakan hasil penelitian data dilapangan yang telah didapat kemudian diolah menggunakan analisis data yang telah kita pilih sebelumnya yang kemudian menghasilkan data yang empirik.
  2. Kedua pada bagian pembahasan disini yang dimaksud adalah bagian yang akan membahas hasil penelitian berdasarkan dengan rumusan masalah yang telah kita akan dan perbandingan antara hasil dari pengembangan teori dan hasil data empirik yang kita dapatkan dilapangan.

Bagian kelima

Pada bagian ini kita akan membuat kesimpulan dari hasil penelitian kita berdasarkan pada rumusan masalah yang telah kita buat apakah semua rumusan masalah tersebut telah terjawabkan semua harus dituliskan dalam kesimpulan. serta ada pula saran yang akan kita berikan kepada peneliti sekolah ataupun pihak-pihak yang bersentuhan langsung dengan hasil peneltiian kita.
Demikian artikel Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Terbaru semoga bisa membantu dan menjadi referensi tambahan buat kita semua.
Langkah-langkah Penulisan Karya Ilmiah Terbaru | mrqadar | 4.5