5 Teknik Pengambilan Sampel Paling Sering digunakan

Pakar Penelitian – Teknik Pengambilan Sampel, Probability sampling adalah teknik pengambilan sampel dimana setiap anggota dari populasi yang ada memiliki peluang sama untuk dipilih menjadi sampling. Dengan kata lain, semua anggota tunggal dari populasi memiliki peluang tidak nol artinya setiap anggota jika dari peluang 100 persen maka setiapa anggota dari jumlah populasi 5 misalnya akan memilik peluang keterpilihan menjadi sampel sebesar 25 persen.
Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara pengambilan secara acak atau rambang dari populasi yang ingin diambil sampelnya. pada dasarnya ada beberapa macam metode probability sampling dengan berbagai jenis variasinya, namun ada beberapa yang sering digunakan misalnya sebagai berikut :
5 Teknik Pengambilan Sampel Yang Sering Digunakan Dalam Penelitian

Simple Random Sampling (Sampling acak sederhana)

Pengambilan sampel yang paling mudah dimana populasi diambil secara acak berdasarkan frekuensi probabilitas semua anggota populasi.

Sampling acak sistematis

Pengambilan sampel ini melibatkan aturan populasi dalam urutan sistematika tertentu. probabilitas pengambilan sampel dari populasi tidak sama dimana terlepas dari kesamaan frekuensi setiap anggota populasi.

Sampling Stratifikasi

Pengambilan sampel ini dirancangan pada populasi yang populasinya heterogenesis dengan adanya beberapa kelompok atau kelas (subjek dengan batas yang jelas antar kelompok tersebut)

Sampling bertahap

Pengambilan sampel menggunakan lebih dari satu teknik probability sampling. Misalnya, menggunakan metode startified sampling pada tahap pertama kemudian metode simple random sampling ditahap kedua dan seterusnya sampai mencapai sampel yang diinginkan.
Demikian artikel teknik pengambilan sampel ini semoga bisa memberi manfaat dan bisa menjadi referensi tambahan.
5 Teknik Pengambilan Sampel Paling Sering digunakan | mrqadar | 4.5