10 Gaya Kepemimpinan Menurut Pendapat Pakar

10 Gaya Kepemimpinan Menurut Pendapat Pakar – Gaya kepemimpinan seseorang pada dasarnya merupakan bawaan dari orang tersebut atau bisa saja menjadi bentukan dari lingkungan yang ada disekitar orang tersebut sebelum menjadi pemimpin. Karakter memimpin seseorang pada dasarnya memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda sehingga tidak jarang kita dibuat pusing jika terjadi pergantian kepemimpinan, sehingga perlu kita beradaptasi lagi dengan pemimpin baru tersebut. Gaya kepemimpinan sendiri dapat diartikan sebagai sebuah tindakan pemimpin saat dunia kerja ataupun organisasi dimana dia mempunyai bawahan. Baik buruknya tindakan pemimpin saat berada pada waktu kerja tersebut itu juga dinamakan gaya kepemimpinan. Penilaan baik buruknya seorang pemimpin dalam memimpin pada dasarnya bersifat relatif karena pada dasarnya ilmu sosial tidak ada yang pasti semua bergantung pada situasi dan kondisinya. namun pada intinya pemimpin yang baik pastinya mempunya gaya memimpin yang khas dan tentunya berkarakter baik dalam memimpin.

Baca Juga : 8 Tips Sebelum Memilih Judul

Menurut beberapa ahli ada beberapa gaya kepemimpinan, seperti menurut Tohardi dikutip dari Edi Sutrisno (2010) menyatakan bahwa gaya-gaya kepemimpinan sebagai berikut :

10 Gaya Kepemimpinan Menurut Pendapat Pakar

 10 Gaya Kepemimpinan Menurut Pendapat Pakar

  1. aya Kepemimpinan Persuasif Merupakan gaya memimpin dengan menggunakan pendekatan yang mengubah persaan, pikiran atau dengan kata lain melakukan ajakan/bujukan
  2. Gaya kepemimpinan refresif merupakan gaya kepimimpinan dengan cara memberikan tekanan-tekanan, ancaman-ancaman sehingga bawahan merasa ketakutan
  3. Gaya Kepemimpinan Partisipatif merupakan gaya kepemimpinan dengan cara memberikan kesempatan kepada bawahan untuk itu secara aktif baik menata, spiritual, fisik maupun material dalam kiprahnya dalam perusahaan.
  4. Gaya Kepemimpinan Inovatif merupakan pemimpin yang selalu berusaha dengan keras untuk mewujudkan usaha-usaha pembaruan didalam segala bidang, baik bidang politik, ekonomi, sosial, budaya atau setiap produk terkait dengan kebutuhan manusia.
  5. Gaya kepemimpinan investigasi merupakan gaya pemimpin yang selalu melakukan penelitian yang disertai dengan rasa penuh kecurigan tehadap bawahannya menimbulkan yang menyebabkan kreatifitas, inovasi, serta insisiatif dari bawahan kurang berkembang karena bawahan takut kesalahan-kesalahan
  6. Gaya Kepemimpinan Inspektif merupakan pemimpin yang suka melakukan acara-acara yang sifatnya protokoler, kepemimpinan dengan gaya inspektif menuntut penghormatan bawahan, atau pemimpin yang senang apabila dihormati.
  7. Gaya kemimpinan Motivatif merupakan pemimpin yang dapat menyampaikan informasi mengenai ide-idenya, program-program dan kebijakan-kebijakan kepada bawahan dengan baik. Komunikasi tersebut membuat segala ide bawahan-bawahan dan kebijakan dipahami oleh bawahan sehingga bawahan mau.
  8. Gaya Kepemimpinan Naratif merupakan Pemimpin yang bergaya naratif merupakan pemimpin yang banyak bicara namun tidak disesuiakan dengan apa yang ia kerjakan, atau dengan kata lain pemimpin yang banyak bicara sedikit bekerja.
  9. Gaya kepemimpinan edukatif merupakan pemimpin yang suka melakukan pengembangan bawahan dengan cara memberikan pendidikan dan keterlampiran kepada bawahan, sehingga bawahan menjadi memiliki wawasan dan pengalamanyang lebih baik dari hari ke hari, sehingga seorang pemimpin yang bergaya edukatif tidak akan pernah menghalangi bawahan ingin megembangkan pendidikan dan keterlampiran.
  10. Gaya kepemimpinan Restrogresif merupakan pemimpin yang tidak suka melihat maju, apalagi melebihi dirinya, untuk itu pemimpin yang bergaya restrogresif selalu menghalangi bawahan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterlamiplan. Sehingga dengan kata lain pemimpin yang bergaya restrogresif sangat senang melihat bawahan selalu terbelakang bodoh dan sebagainya.

 

Demikian artikel 10 Gaya Kepemimpinan Menurut Pendapat Pakar semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian, Terima kasih
10 Gaya Kepemimpinan Menurut Pendapat Pakar | mrqadar | 4.5