Model Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara

Model Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantarasaepudin.com – model pendidikan menurut ki hajar dewantara, sebenarnya ini kemudian yang menjadi sebuah dilematis buat kita sebagai bangsa yang besar dalam mengarungi derasnya era globalisasi menjadi sebuah keharusan kita untuk bisa mempertahankan budaya kita termaksud dalam hal ini sistem pendidikan maupun model pendidikan yang sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia. Ki Hajar dewantara yang sering disebut sebagai bapak pendidikan bangsa seiring berjalanya waktu terus tergerus oleh berbagai hantaman budaya asing yang masuk diindonesia, sehingga sering terbesik dalam benak kita apa sebenanya yang menjadi model pendidikan yang diajarkan oleh ki hajar dewantara sebagai bapak pendidikan diindonesia.

  1. pendidikan karekter dalam perspektif pergerakan nasional : Ki Hajar Dewantara atau dengan nama aslinya Raden Mas Suwardi Suryaningrat dilahirkan di yogyakarta pada tanggal 2 mei 1889 adalah seorang bapak pendidikan nasional dimana pada tanggal 3 juli 1922 beliau mendirikan Taman Siswa. taman siswa lahir sebagai bentuk perlawanan terhadap pendidikan kolonial belanda pada waktu itu. pendidikan yang dibangun oleh ki hajar dewantara adalah pendidikan nasional yang bertumpu pada nilai kearifan ke-indonesia-an. ajaran yang dimaksudkan dalam ajaran ki hajar dewantara sesungguhnya merupakan ajaran yang dikonvergensikan ke arah pembangunan karakter bangsa.
  2. model pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam perspektif teori-teori pendidikan dimana dalam khasanah keilmuan pendidikan terdapat berbagai macam aliran yang terbedakan satu terhadap lainnya, yang terlihat dari perbedaan pandangan tentang faktor dominan dalam perkembangan manusia. pada umumnya teramati bahwa aliran pendidikan hanya mengemukakan satu faktor dominan saja. aliran yang mempunyai peluang terbesar dapat diterima secara luas adalah aliran yang mampu mengemukakan pandangannya secara menyeluruh.

sekiranya inilah dua pandangan model yang kemudian menjadi model yang dicita-citakan oleh bapak pendidikan nasional yang kemudian patut menjadi suri teladan dalam pengembangan sistem maupun model pendidikan yang ada diindonesia sehingga dalam proses perkembangan pendidikan bangsa tidak terjadi kesalahan yang lebih jauh dan pula dapat kokoh dalam mengarungi tantangan zaman.  semoga bermanfaat


baca juga artikel lainya

Model Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara | mrqadar | 4.5