Pengertian Penilaian Menurut Ahli Penelitian

Pengertian Penilaian Menurut Ahli Penelitian – Penilaian dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting, sehingga dalam pengaplikasiannya penilaian menjadi salah satu pilar penting. Penilaian yang baik akan menghasilkan hasil evaluasi yang baik pula, selain itu hasil penilaian akan menentukan baik dan tidaknya data yang akan didapat untuk dievaluasi.

Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka atau deskripsi verbal), analisis, dan interpretasi untuk mengambil keputusan. Sedangkan penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didi


Pengertian Penilaian Menurut Ahli Penelitian

Pengertian Penilaian menurut ahli penelitian sebagai berikut :

  1. Menurut (Djaali, 2004 : 1) penilaian dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah assesment merupakan suatu tindakan atau proses menetukan nilai sesuatu objek penilaian juga merupakan suatu keputusan tentang nilai penilaian dapat dilakukan berdasarkan hasil pengukuran atau dapat pula dipengaruhi oleh hasil pengukuran.
  2. Menurut (Mardapi, 2012 : 9) penilaian atau assesment merupakan komponen dalam penyelenggaraan pendidikan. Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pendidikan ditempuh melalui penigkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Keduanya saling terkait.
  3. Menurut (purwanto, 2008 : 3) penilaian adalah pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengukuran dan kriteria tertentu. Hasil pengukuran merupakan angka mati yang tidak mempunyai makna apapun. Pengambilan keputusan belum dapat dilakukan hanya atas dasar hasil pengukuran. Hasil pengukuran baru mempunyai makna dan dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan setalah dibandingkan dengan kriteria tertentu.
  4. Menurut (Zainal, 2012 : 4) Penilaian adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu.
  5. Menurut (Kusaeri dan Suprananto, 2012:8) Penilaian adalah suatu prosedur sistematis dan mencakup kegiatan mengumpulkan, menganalisis, serta mengintrepetasikan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik seseorang atau objek.
  6. Menurut (Sudjana, 1995 :5) Penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgetment, intrepetasi dan judegetment merupakan tema penilaian yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu.
  7. Dari pendapat para pakar diatas maka dapat disimpulkan bahwa penilaian adalah suatu proses atau kegiatan dalam pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengukuran dengan mengacu pada kriteria tertentu
Pengertian Penilaian Menurut Ahli Penelitian | mrqadar | 4.5