Pengertian Evaluasi Menurut Pendapat Ahli

Pakar Penelitian – Pengertian Evaluasi Menurut Pendapat Ahli, Perkembangan ilmu pengetahuan pendidikan tentunya tidak lepas dari proses evaluasi yang dilakukan secara berkesinambungan. Evaluasi kemudian menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan perbaikan kedepan demi perbaikan sistem yang sedang berjalan. Sebagai contoh evaluasi yang dilakukan setiap siswa yang akan menamatkan pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menangah atas memiliki evaluasinya masing-masing, sebagai contoh Ujian Akhir Nasional merupakan salah satu contoh evaluasi dalam bidang pendidikan untuk menilai hasil belajar siswa selama 3 tahun.

Evaluasi menurut beberapa ahli sebagai berikut :

1.   Menurut (purwanto, 2008 : 4) evaluasi adalah pengambilan keputusan berdasarkan hasil pengukuran dan standar kriteria. Pengukuran dan evaluasi merupakan dua kegiatan yang berkesinambungan. Evaluasi dilakukan setelah dilakukan pengukuran dan keputusan evaluasi dilakukan berdasarkan hasil pengukuran. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran dengan kriteria yang ditetapkan.
Pengertian Evaluasi Menurut Pendapat ahli
2.  Menurut (Djaali, 2004 :1) evaluasi dapat diartikan sebagai proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan yang selanjutnya diikuti dengan pengambilan keputusan atas objek yang dievaluasi dan langkah-langkah apa saja yang ditempuh selanjutnya. Hasil dari evaluasi bersifat kualitatif.
3.  Menurut (Sukardi, 2014 :1) evaluasi memiliki makna atau arti yang luas evaluasi dapat diartikan khusus berkaitan dengan evaluasi pendiidkan yang didalamnya mencakup evaluasi program yang digunakan untuk melakukan penilaian baik bagi seorang pengelola program atau proyek maupun instruktur yang mengelola materi pembelajaran atau bahan ajar yang sudah diberikan kepada peserta didik atau trainer dalam suatu lembaga pendidikan.
4.   Menurut (Slameto, 2001 : 6) evaluasi merupakan suatu kegiatan yang direncanakan dengan cermat. Kegiatan yang dimaksud merupakan bagian integral dari pendidikan, sehingga arah dan tujuan evaluasi harus sejalan dengan tujuan pendidikan. Dapat diartikan pula evaluasi merupakan suatu tes maka evaluasi dilaksanakan sepanjang kegiatan program pendidikan dan pengajaran.
5.  Menurut (Zainal, 2012 : 5) evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas niali dan arti dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan
Demkian artikel tentang pengertian evaluasi menurut pendapat ahli semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian agar dapat memahami arti penting dari evaluasi itu sendiri.
Pengertian Evaluasi Menurut Pendapat Ahli | mrqadar | 4.5