Korelasi Statistik dengan Penelitian Menurut Ahli

Pakar Penelitian – Korelasi Statistik dengan Penelitian Menurut Ahli – Sebelum dilihat hubungan antara penelitian dan statistika perlu diketahui lebih awal apa itu statistika dan apa itu penelitian, berikut beberapa penjelasan pengertian penelitian dan pengertian dari statistik menurut para ahli.

Korelasi Statistik dengan Penelitian Menurut Ahli
 a.             Menurut (Emzir.2007) penelitian pada dasarnya adalah suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerpakan metode ilmiah. Sedangkan menurut (sugiyono.2003) Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk menigkatkan sejumlah pengetahuan juga merupakan  suatu usaha yang sistematis dan terorganisir untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Sehingga dari pendapat para pakar diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan atay penyelidikan yang dilakukan secara sistematis dan terorganisir untuk memecahkan suatu persoalan atau masalah dengan menerapkan metode ilmiah untuk mendapatkan suatu jawaban.
b.    Menurut (Arif.2008) statistika adalah cara ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, menyajikan, dan menganalisis dat, serta menarik kesimpulan sahih dan mengambil keputusan layak berdasarkan analisis yang dilakukan. Sedangkan menurut (sudjana.1997) statistika adalah ilmu terdiri dari teori dan metoda yang merupakan cabang dari matematika terapan dan membicarakan tentang bagaimana meringkas data mengolah dan menyajikan data bagaimana menarik kesimpulan dari hasil analisis, bagaimana menentukan keputusan dalam batas-batas resiko tertentu berdasarkan strategi yang ada. Sehingga berdasarkan pendapat para pakar diatas dpat disimpulkan bahwa statistika adalah cara ilmiah mengumpulkan mengorganisasikan menyajikan data dan menganalisis data agar dapat ditarik sebuah kesimpulan yang tepat.
Dari penjelasan diatas dapat kita hubungankan bahwa penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan statistika dan dapat pula tidak digunakan dimana peneltian yang menggunakan statistika yaitu peneltian ilmiah sedangkan peneltian yang menggunakan statistika adalah penelitian ilmiah.
a.       Peneltian ilmiah adalah penelitian yang dilakukan dengan membandingkan antara data rasional yang berasal dari kajian teori dengan data yang didapat secara empirik atau data yang berasal dari lapangan sehingga untuk dapat menarik kesimpulan dari data empirik diperlukan sebuah metode ilmiah dimana dalam metode ilmiah terdapat statistika misalnya penarikan sampel dan analsis data.
b.      Penelitian non ilmiah adalah penelitian yang dilakukan hanya melakukan kajian teori yang berasal dari sumber-sumber bacaan buku yang pernah dilakukan sebelumnya sehingga hasil dari kajian teori ini hanya akan menghasilkan jawaban sementara atau hipotesis sehingga tidak terdapat analisis data ataupun cara-cara dalam statistika yang digunakan.
Demikian artikel tentang korelasi statistik dengan penelitian menurut ahli semoga bermanfaat
Korelasi Statistik dengan Penelitian Menurut Ahli | mrqadar | 4.5